GAMBARAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS PATRANG

 UPTD Puskesmas Patrang merupakan salah satu dari dua Puskesmas yang ada di Kecamatan Patrang dan UPTD Puskesmas Patrang berada di wilayah Desa Gebang.

UPTD Puskesmas Patrang awalnya dibangun sesuai standar Puskesmas non rawat inap satu lantai pada tahun 1984 yang kemudian ditambahkan rawat inap 2010 dan mengalami renovasi menjadi dua lantai di tahun 2018.

Surat Keputusan Bupati Jember Nomor 503/A.1/PUSKESMAS/01.Pj/35.09.325/2019 tahun 2019 tentang Izin operasional puskesmas di Kabupaten Jember.

Secara geografis wilayah kerja UPTD Puskesmas Patrang berada di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, terletak di daerah perkotaan (koordinat-8.166575LU, 113.688.743 LS )

Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Sebelah Utara       : Kecamatan Arjasa

Sebelah Timur      : Kecamatan Sumbersari

Sebelah Selatan    : Kecamatan Patrang

Sebelah Barat       : Kecamatan Sukorambi

Adapun Luas Wilayah 35,8 km2, yang terdiri dari:

Wilayah dataran rendah          : 95 %

Wilayah dataran tinggi             : 5 %

 

UPTD Puskesmas patrang secara administratif meliput 3 kelurahan, yaitu :

a.    Kelurahan Gebang

b.   Kelurahan Patrang

c.    Kelurahan Jember Lor

Jarak tempuh dari Puskesmas ke desa : 0  - 5 km

Jarak Puskesmas ke Kabupaten/Kota      :  2 km

 

UPTD Puskesmas Patrang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kesehatan Kabupaten Jember yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan upaya kesehatan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Patrang di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Berdasarkan karakterisistik wilayah, UPTD Puskesmas Patrang merupakan Puskesmas kawasan perkotaan, sedangkan berdasarkan kemampuan penyelenggaraan termasuk dalam kategori Puskesmas Rawat Inap.

UPTD Puskesmas Patrang sesuai dengan Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat mempunyai fungsi sebagai :

1.  Penyelenggara Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) tingkat pertama di wilayah kerja.

2.  Penyelenggara Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) tingkat pertama di wilayah kerja.

UPTD Puskesmas Patrang Kabupaten Jember berlokasi di Jl Kaca piring No.05, Kel. Gebang, Kec. Patrang Kabupaten Jember dengan wilayah kerja sebanyak 3 kelurahan di wilayah kecamatan Patrang UPTD Puskesmas Patrang didukung jejaring di bawahnya sebanyak 1 Pustu, 1 Poli Pemda, 0 Poskesdes, dan 76 Posyandu Balita serta 10 Posyandu Lansia.

Wilayah kerja Puskesmas merupakan kawasan perkotaan dengan jumlah penduduk yang padat. Hal tersebut karena banyak pembangunan perumahan yang hingga saat ini masih terus berkembang terutama di wilayah Kelurahan Patrang.

Selain padatnya pemukiman di wilayah kerja UPTD Puskesmas Patrang, terdapat juga beberapa industri rumah tangga di Kecamatan Patrang.






Komentar